P3KKN Laksanakan Audit Internal ISO 9001:2015

Pusat Pengembangan dan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Universitas menyelenggarakan Audit Internal ISO 9001:2015 kemarin (02 November 2022, –Red). Pada dasarnya ISO 9001:2015 mengacu pada standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu lembaga dalam memenuhi persyaratan perundangan, hukum, dan peraturan yang terkait dengan produk atau jasa. sedangkan arti “2015”berarti tahun revisi terakhir dari sistem manajemen mutu ini (https://gsmcertification.com/)

Sebagai salah satu pusat yang bernaung dibawah lembaga besar dalam lingkup kampus jantong hatee Universitas Syiah Kuala, Pusat Pengembangan dan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan audit internal ISO 9001:2015. Hal ini bertujuan untuk menjamin keberlanjutan dalam mempertahankan mutu layanan yang diberikan kepada mahasiswa, dosen, serta implementasi program dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan audit internal ini dilakukan sebagai langkah awal dalam menghadapi surveilance ISO P3KKN dibawah LPPM Tahun 2022 yang direncanakan pada tanggal 25 November mendatang. Audit internal terhadap P3KKN kali ini diketuai oleh Dr. Dra Sulastri, M.Si, dengan Ariwansyah Sulaiman,ST dan Maulana Ihsan Ahmad, S.Kom sebagai anggota. Menyahuti kegiatan audit internal ini, kepala P3KKN USK bersama tim terus berupaya menyiapkan dokumen iso yang dibutuhkan, serta melakukan berbagai revisi sehingga relevan dengan keadaan saat ini.

Hasil dari audit ini dimaksudkan agar dapat menjadi masukan yang positif bagi P3KKN dalam menyiapkan diri menghadapi Audit Ekternal Surveilance ISO 9001:2015 nantinya. Dari hasil audit kali ini menemukan bahwa ada beberapa hal yang harus disempurnakan menyangkut dokumentasi hasil kegiatan dan nomenklatur pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan. Dr. Dra. Sulastri, M.Si selaku ketua tim menyarankan kepada pihak P3KKN yang diwakili langsung oleh Drs. Zulfitri, M.Biomed (kepala P3KKN, _red) agar melengkapi beberapa temuan minor (temuan kecil) pada dokumen administrasi pelaksanaan kegiatan. Senada dengan hal itu, Ariwansyah Sulaiman, ST juga menyebutkan bahwa secara umum dokumen yang dihadirkan oleh P3KKN sudah cukup baik, namun ada beberapa bagian yang harus dilengkapi agar menjadi lebih sempurna.

Sumber : https://gsmcertification.com/pengertian-iso-90012015/

Add a Comment

Your email address will not be published.