Direktur PUPR Tinjau Tiga Gedung Mangkrak di USK

Direktur Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Essy Asiah melakukan kunjungan kerja ke Universitas Syiah Kuala. Kunjungan tersebut untuk meninjau tiga gedung Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) atau mangkrak di USK. (Banda Aceh, 7 Juni 2022).

Dalam kunjungan ini, Essy Asiah turut di dampingi sejumlah pejabat dari PUPR dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh. Rombongan ini kemudian disambut oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan, Wakil Rektor II, dan Kepala Biro Umum dan Keuangan di Gedung Kantor Pusat Administrasi (KPA) USK.
Koordinator Bagian Barang Milik Negara USK Chairil Munawir MT menjelaskan, ketiga gedung yang ditinjau Direktur PUPR tersebut merupakan gedung mangkrak yang proses pembangunan awalnya satu gedung dibangun oleh USK sendiri dan dua bangunan lain merupakan hibah dari Pemerintah Aceh
“Untuk itulah, USK mengusulkan pengalihan proses pembangunan ini kepada PUPR agar pembangunannya bisa berlanjut, sehingga ketiga gedung ini dapat segera difungsikan,” ucap Chairil.

Adapun ketiga gedung tersebut adalah  Gedung KDP Fakultas Kedokteran Gigi USK yang dibangun pada tahun 2013, dengan sumber dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) USK. Status gedung ini sudah dilakukan review Pisah Batas oleh BPKP dan masuk dalam pembahasan akhir review design oleh PUPR dan Kemdikbudristek.
Lalu, gedung Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) USK yang dibangun tahun 2009 – 2020, yang sumber dananya berasal dari APBA, Otonomi Khusus Aceh dengan tujuh tahap pembangunan. Selanjutnya, gedung Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USK yang dibangun pada tahun 2019 dengan sumber dana dari SILPA Otonomi Khusus Aceh.

“Dari tiga gedung tersebut, RSGM dan Prodi MM FEB masih dalam tahap pengumpulan dokumen untuk proses review Pisah Batas oleh BPKP,” ujar Chairil.

Selanjutnya, dalam kunjungan tersebut Direktur PUPR melakukan diskusi dengan Wakil Rektor II USK serta pejabat USK lainnya di Ruang Sidang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USK. Di mana pada kesempatan ini, Direktur PUPR menjelaskan terkait mekanisme gedung KDP ini, dan komponen apa saja yang harus USK siapakan untuk review Pisah Batas gedung tersebut.

Komponen tersebut di antaranya adalah bagian administrasi, yaitu kelengkapan dokumen administrasi pekerjaan sebelumnya, nilai aset terbangun dan nilai proyeksi kebutuhan penyelesaian bangunan, dan segala perizinan (IMB, SLF, Amdal, UKL-UPL), serta dua komponen lainnya yaitu Hukum dan Administasi.

(Sumber: usk.ac.id)

Add a Comment

Your email address will not be published.