Persiapan
langkah 1

Pada tahap ini mahasiswa mempersiapkan logbook sesuai dengan format dengan berkonsultasi dengan DPL, kemudian mencetaknya setelah di setujui

langkah 2

setelah di cetak, mahasiswa mengisi logbook setiap hari dengan tulis tangan / sesuai dengan petunjuk DPL

Langkah 3

mahasiswa menyiapkan file logbook untuk di upload ke aplikasi KKN, file yang akan di upload berbentuk PDF

Upload Ke Aplikasi KKN
langkah 1

Login Ke aplikasi KKN dengan menggunakan username dan password KRS online

Masuk ke Akun KKN
langkah 2

setelah masuk ke akun KKN silakan klik menu upload logbook

Langkah Akhir
Proses Upload

Mahasiswa mengupload file yang sudah disiapkan setiap minggunya

Pembukaan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 di Kalimantan Barat

Pontianak, Kuliah Kerja Nyata (KKN Kebangsaan) tahun 2023 resmi dibuka di lapangan Universitas Tanjung Pura pada Kamis, 20 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat pemerintah, petinggi universitas, para dosen pembimbing lapangan serta official, dan mahasiswa peserta kegiatan KKN Kebangsaan yang akan dilaksanakan di dua kabupaten perbatasan dengan Malaysia, yaitu Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas. Pada kegiatan ini, 951 mahasiswa dari 73 Universitas se-Indonesia berkumpul untuk melakukan pembukaan dan dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan KKN Kebangsaan. Adapun dari Provinsi Aceh, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa perwakilan dari Universitas Syiah Kuala, Universitas Teuku Umar, Universitas Samudra, dan ISBI Aceh. 951 mahasiswa tersebut akan ditempatkan di Kabupaten sesuai kelompok masing-masing pada Senin 24 Juli mendatang. Kegiatan ini melibatkan 48 desa di Kabupaten Sambas dan 50 desa di Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan pembukaan KKN-K dilakukan secara semarak dengan adanya terjun payung dari empat ahli penerjun payung profesional, tari kolasi (tari kolaborasi suku Dayak, Melayu, China), dan kata-kata sambutan dari para sosok inspiratif bagi negeri. Prof Nizam, selaku Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek) yang turut hadir dalam kegiatan pembukaan KKN Kebangsaan XI, mengatakan bahwa KKN Kebangsaan hadir untuk membangun persahabatan dan persaudaraan nusantara, melalui karya yang nyata bersama-sama mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar diatas kertas atau kajian tapi dalam wujud nyata bersama masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, Bapak Sutarmidji, dan Rektor Universitas Tanjungpura, Bapak Garuda Wiko.

“Dengan adanya KKN Kebangsaan ini, harapan kami bagi desa, masyarakat, dan pemerintah adalah agar masalah-masalah yang terdapat di berbagai desa dapat teratasi dan menjadi fokus bagi kita semua dalam memajukan bangsa. Juga, tentunya sebagai mahasiswa kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk membangun relasi, menambah pengalaman dan wawasan dalam kegiatan kebangsaan ini”, ujar salah satu mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Arif Setiawan, saat diwawancarai secara langsung oleh Media Kalimantan Barat. Adapun kegiatan ini akan berakhir pada tanggal 19 Agustus 2023 dan akan ditutup di Universitas Tanjung Pura pada 20 Agustus mendatang. (Rahma)

Add a Comment

Your email address will not be published.