Persiapan
langkah 1

Pada tahap ini mahasiswa mempersiapkan logbook sesuai dengan format dengan berkonsultasi dengan DPL, kemudian mencetaknya setelah di setujui

langkah 2

setelah di cetak, mahasiswa mengisi logbook setiap hari dengan tulis tangan / sesuai dengan petunjuk DPL

Langkah 3

mahasiswa menyiapkan file logbook untuk di upload ke aplikasi KKN, file yang akan di upload berbentuk PDF

Upload Ke Aplikasi KKN
langkah 1

Login Ke aplikasi KKN dengan menggunakan username dan password KRS online

Masuk ke Akun KKN
langkah 2

setelah masuk ke akun KKN silakan klik menu upload logbook

Langkah Akhir
Proses Upload

Mahasiswa mengupload file yang sudah disiapkan setiap minggunya

Mahasiswa USK Laksanakan KKN Tematik, Mendukung Ekonomi Rumah Tangga Dan Ketahanan Pangan Masyarakat

Sebanyak 12 orang mahasiswa Universitas Syiah Kuala melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Seni Antara Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah, Kamis (20/7/2023)

Kegiatan KKN Tematik kali ini mengangkat tema Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Sistem Budidaya Ikan Nila Untuk Mendukung Ekonomi Rumah Tangga Dan Ketahanan Pangan Masyarakat Bebas Stunting. Ide kegiatan ini muncul berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan oleh Mujiburrahmad selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan dibantu oleh aparat Desa Seni Antara.

Desa Seni Antara merupakan salah satu daerah aliran air (DAS) yang mata airnya berasal dari pegunungan, sehingga memiliki potensi untuk digunakan sebagai daerah budi daya ikan air tawar, ujar Mujiburrahmad.

Irwan selaku Reje Seni Antara menambahkan saat ini pada umumnya warga Desa menggunakan ikan sebagai menu makanan mereka sehari-hari dan untuk memperoleh ikan tersebut dilakukan dengan cara membeli secara langsung ke pasar dan atau membelinya melalui penjual ikan keliling dengan harga yang bersaing (relatif mahal).

‘Potensi yang dimiliki desa selayaknya dikembangkan sebagai salah satu perwujudan pemberdayaan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemberdayaan bertujuan untuk memotivasi warga untuk mempunyai kemandirian, kesadaran serta meningkatkan ekonomi warga,” Ungkapnya mujiburrahmad.

Kegiatan KKN Tematik ini mencoba usaha budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus), jenis ikan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena dagingnya yang tebal dan rasanya yang enak. Ikan nila merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi dan tergolong dalam ikan yang rendah kolesterol sehingga sehat untuk di konsumsi.

Ikan nila memiliki zat omega dan kadar gizi yang cukup tinggi, intensitas perkembangan tergolong cepat serta sangat fleksibel pada berbagai kondisi, sehingga menarik untuk dibudidayakan. Kegiatan KKN ini akan berlangsung selama ± 1 bulan Mulai 20 Juli 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023.

Selain kegiatan utama ada juga kegiatan tambahan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN yaitu sosialisasi gemar makan ikan, Pembuatan produk dari olahan Ikan, serta Sosialisasi mencegah dari stunting. Harapannya dengan adanya KKN ini akan dapat meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga masyarakat serta menghapus angka stunting di Desa Seni Antara khususnya dan di Kabupaten Bener Meriah pada umumnya.(*)

Source :
radarblambangan.com/2023/07/20/mahasiswa-usk-laksanakan-kkn-tematik-mendukung-ekonomi-rumah-tangga-dan-ketahanan-pangan-masyarakat/

Add a Comment

Your email address will not be published.