Rapat Koordinasi Pelaksanaan KKN Periode XXV Bersama Sekda Aceh Besar

Darussalam (19/05) Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar, Drs Sulaimi M.Si bersama staf berkunjung ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Syiah Kuala (LPPM USK) dalam rangka silaturrahmi dan membahas tentang tindak lanjut tentang pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Periode XXV Tahun 2024 dengan Kabupaten Aceh Besar sebagai lokasi penempatannya. Pertemuan singkat bertajuk Rapat Koordinasi Pelaksanaan KKN Periode XXV Tahun 2024 tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua LPPM USK Prof. Dr. Mudatsir, M.Kes. Dalam sambutannya Ketua LPPM USK menjelaskan tentang beberapa pengalaman pelaksanaan KKN di Periode sebelumnya yang terkait dengan penyempurnaan data dalam aplikasi SIGAP (sistem informasi gampong) serta mengajukan beberapa topik yang kiranya dapat dikembangkan dan dimasukkan dalam tema KKN. Terlepas dari pada itu yang bersangkutan sangat mengapresiasi atas atensi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam menyukseskan KKN Periode XXV ini.

Dalam diskusi lebih lanjut, Sekda Aceh Besar memaparkan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pengumpulan data masyarakat yang belum lengkap, sehingga menghambat pelaksanaan program pemerintah daerah seperti pengentasan kemiskinan, pencegahan stunting, pembentukan BUMG, serta program desa mandiri yang sampai saat ini belum terealisasi dengan baik. Menurutnya kelengkapan data SIGAP dapat menjadi tolok ukur pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu dengan hadirnya mahasiswa KKN dapat menjadi tulang punggung dalam membantu mengumpulkan data serta melatih kader-kader desa sebagai operator SIGAP yang mumpuni, sehingga pembaharuan data dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Rapat koordinasi yang berlansung selama 1 jam tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua LPPM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, Wakil Ketua LPPM Bidang Penelitian, Koordinator Tata Usaha LPPM USK, serta Kepala Pusat Pengembangan dan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN USK)./ El

Add a Comment

Your email address will not be published.